• PENGANTAR USG

    Apa itu ultrasound ?
    Ultrasound adalah nama gelombang suara dengan frekuensi tinggi lebih dari 20.000 siklus per detik (20 kHz). Gelombang yang tidak terdengar telinga manusia ini dapat ditransmisikan dalam bentuk berkas dan digunakan untuk pemeriksaan skening jaringan tubuh. 

    Tipe pulsa ultrasound yang dihasllkan oleh skener (USG) seperti yang di-sebutkan ini memiliki frekuensi 2 hingga 10 Mhz (1 Mhz sama dengan 1.000.000 siklus per detik). Durasi pulsa tersebut adalah sekitar 1 mikro-detik (seperjuta detik) dan pulsa itu berulang sekitar 1000 kali per detik. Jaringan yang berbeda akan meng-ubah gelombang tersebut dengan cara yang berbeda: sebagian meman-tulkannya secara langsung sedangkan sebagian lainnya menghamburkan ge¬lombang itu sebelum kemball kepada transduser sebagai gelombang eko (echo). Gelombang suara melintasi jaringan dengan kecepatan yang berbeda (mtsalnya, 1540 meter per detik lewat Jaringan lunak).

    123
    Pulsa ultrasound yang dipantulkan dan terdeteksi lewat transduser harus diperkuat atau diamplifikasi dalam skener. Eko yang datang dari bagian profunda di dalam tubuh akan lebih banyak mengalami atenuasi daripada yang berasal dari bagian superflsial sehingga memerlukan ampliflkasi yang lebih besar. Skener ultrasound atau USG memiliki alat kontrol yang dapat mengubah keseluruhan sensitivitas, yaitu "nilai ambang (threshold)," dari instrumen tersebut di samping mengubah ampliflkasi eko dari pelbagai kedalaman yang berlainan. Ketika bekerja dengan skener USG harus dihasllkan gambar USG yang seimbang, yaitu gambar yang mengandung berbagai gelombang eko dengan ke-kuatan yang kurang-lebih sama dari semua kedalaman jaringan.

    Ketika eko kembali kepada transduser. peta dua-dimensi dari semua jaringan yang sudah ada dalam berkas pancaran suara tersebut dapat dire-konstruksi. Informasi tersebut disim-pan dalam komputer dan diperlihat-kan pada monitor video (atau televisi). Eko yang kuat dikatakan mempunyat "intensitas yang tinggi" dan tampak sebagai bintik-blntik yang lebih terang pada layar.

    567

    Generator Ultrasound:
    Gelombang ultrasound dihasilkan oleh sebuah transduser piezoelektrik yang mampu mengubah slnyal elektrlk menjadi gelombang mekanis (ultrasound). Transduser yang sama dapat pula menerima ultrasound yang dlpantulkan dan kemudian mengubahnya kembali menjadi slnyal elektrik. Transduser adalah alat transmisl dan penerlma gelombang ultrasound.
    - See more at: http://radiologynet.blogspot.com/2013/10/apa-itu-ultrasound.html#sthash.nS3wy4md.dpuf

0 komentar:

Posting Komentar